1. Promosi adalah perpindahan yg memperbesar authority dan responsibility karyawan ke jabatan yg lbh tinggi di dlm satu organisasi shg kewajiban, hak, status dan penghasilannya semakin besar.
2. Asas-asas promosi karyawan
a. Kepercayaan
b. Keadilan
c. Formasi
3. Dasar-dasar promosi
a. Pengalaman (senioritas)
kebaikan: adanya penghargaan dan pengakuan bahwa pengalaman merupakan saka guru yg berharga.
Keburukan: karyawan yg kemampuannya sangat terbatas tp karna tlh lama bekerja ttp dipromosikan mk perusahaan akan dipimpin oleh seorang yg berkemampuan rendah shg perkembangan dan kelangsungan perusahaan disangsikan.
b. Kecakapan (ability)
c. Gabungan keduanya
4. Syarat-syarat promosi
a. Kejujuran
b. Disiplin
c. Prestasi kerja
d. Kerjasama
e. Kecakapan
f. Loyalitas
g. Kepemimpinan
h. Komunikatif
i. Pendidikan
5. Tujuan-tujuan promosi
a. Memberikan pengakuan, jabatan dan imbalan jasa yg semakin besar kpd karyawan yg berprestasi tinggi.
b. Menimbulkan kepuasan dan kebanggaan pribadi, status sosial yg semakin tinggi dan penghasilan yg semakin besar.
c. Merangsang agar karyawan lbh bergairah bekerja, disiplin tinggi dan memperbesar produktivitas kerjanya.
d. Menjamin stabilitas kepegawaian dg direalisasikannya promosi kpd karyawan dg dasar dan pd waktu yg tepat serta penilaian yg jujur.
e. Kesempatan promosi dpt menimbulkan keuntungan berantai (multiplier effect) dlm perusahaan krn timbulnya lowongan berantai.
f. Memberi kesempatan kpd karyawan utk mengembangkan kreativitas dan inovasinya yg lbh baik demi keuntungan optimal perusahaan.
g. Menambah pengetahuan serta pengalaman kerja para karyawan dan ini merupakan daya dorong bagi karyawan lainnya.
h. Utk mengisi kekosongan jabatan krn pejabatnya berhenti.
i. Karyawan yg dipromosikan kpd jabatan yg tepat, semangat, kesenangan dan ketenangannya dlm bekerja semakin meningkat shg produktivitas kerjanya jg meningkat.
j. Mempermudah penarikan lamaran sebab dg adanya kesempatan promosi merupakan daya pendorong serta perangsang bagi pelamar2 utk memasukkan lamarannya.
k. Promosi akan memperbaiki status karyawan dr karyawan sementara mjd karyawan tetap setelah lulus dlm masa percobaannya.
6. Jenis-jenis promosi
a. Promosi sementara (temporary promotion), yaitu kenaikan jabatan utk sementara krn adanya jabatan yg lowong yg harus segera diisi.
b. Promosi tetap (permanent promotion) yaitu kenaikan jabatan yg lbh tinggi krn karyawan tsb telah mencukupi syarat utk dipromosikan.
c. Promosi kecil (small scale promotion) yaitu kenaikan dr jabatan yg tdk sulit dipindahkan ke jabatan yg sulit yg meminta keterampilan tertentu tp tdk disertai dg peningkatan wewenang, tanggungjawab dan gaji.
d. Promosi kering (dry promotion) yaitu kenaikan jabatan yg lebih tinggi disertai dg peningkatan pangkat, wewenang dan tanggungjawab tp tdk disertai dg kenaikan gaji dan upah.
7. Demosi karyawan, yaitu perpindahan karyawan dr satu jabatan ke jabatan yg lbh rendah di dlm satu organisasi, wewenang, tanggungjawab, pendapatan serta statusnya semakin rendah. Tujuan demosi adalah utk menghindari kerugian perusahaan, memberikan jabatan, gaji dan status yg tepat sesuai dg kemampuan karyawan yg bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar