Selasa, 23 Agustus 2011

meludah sembarang tempat

berkendara di jalan raya memang hal yang lazim kita lakukan sehari - hari. hal tersebut memang kebutuhan setiap orang. jalan raya sangat vital bagi mereka yang memanfaatkannya setiap hari bagi menunjang pekerjaannya. tidak hanya bagi sebagian orang bahkan seluruh umat manusia sangat membutuhkan sarana transportasi yang satu ini. apabila jalan tidak bagus maka tidak akan menunjang segala aktifitas yang akan dikerjakan.

pagi tadi, saya beranjak meninggalkan rumah seperti biasa menuju kantor tempat saya bekerja. cerahnya suasana pagi menyemangatkan raga yang tengah santai di atas kendaraan. terlihat beberapa kendaraan lalu lalang memanfaatkan jalan raya untuk melakukan aktifitasnya masing - masing. tiba - tiba dari arah depan, saya merasakan seperti ada air gerimis dari langit. memang sebelumnya melintas sebuah colt yang berisikan penumpang. ternyata air gerimis yang dimaksud tadi berasal dari salah satu penumpang yang ada dalam mobil. huh, geram rasanya melihat tingkah manusia yang tidak beradab itu. dia meludah sembarangan. tanpa berfikir ada orang lain yang juga menggunakan jalan raya.

paling benci deh liat orang yang lagi berkendara tapi meludah sembarang tempat. tidak memikirkan kalau air ludah yang dia keluarkan itu akan sedikit banyaknya muncrat ke wajah orang. seharusnya janganlah begitu. boleh meludah, siapa yang larang tapi cobalah gunakan etika dan fikirkan kita tidak sendirian menggunakan jalan raya. setidaknya meludahlah ketika tidak ada orang berkendara di belakang kita. atau jika memang ada orang lain di belakang, hendaknya meludah dengan secara perlahan dan lebih mendekatkan bagian mulut ke tanah sehingga percikan ludah yang kita keluarkan tidak akan mengganggu perjalanan orang lain.

sopan lebih baik daripada tidak sama sekali. memang hal itu tidak lah berdosa mungkin, tapi adab ketimuran yang kental mewajibkan kita menjaga tata krama kita terhadap pergaulan dan interaksi dengan sesama. orang timur yang dikenal sopan oleh bangsa barat harus dapat memperlihatkan budaya indahnya dan senantiasa menjaga warisan budaya indah tersebut agar tidak rusak oleh perbuatan - perbuatan segelintir orang yang tidak menjaga kesopanan dan keindahan serta ketamahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar